7 Fakta Tentang Manusia Dalam al-Qur'an

Label:

  • Manusia Merupakan Makhluk yang sering Membantah
          Fakta ini terdapat di dalam Alquran surah Al Kahfi ayat 54, yang artinya sebagai berikut:

Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulangi bagi manusia dalam Al Quran ini bermacam-macam perumpamaan. Dan manusia adalah makhluk yang paling banyak membantah
(QS. Al Kahfi, 54) 
  • Manusia Merupakan Makhluk yang Ingkar
          Fakta ini terdapat di dalam ayat-ayat berikut berikut:

Jika mereka berpaling maka Kami tidak mengutus kamu sebagai pengawas bagi mereka. Kewajibanmu tidak lain hanyalah menyampaikan (risalah). Sesungguhnya apabila Kami merasakan kepada manusia sesuatu rahmat dari Kami dia bergembira ria karena rahmat itu. Dan jika mereka ditimpa kesusahan disebabkan perbuatan tangan mereka sendiri (niscaya mereka ingkar) karena sesungguhnya manusia itu amat ingkar 
 (QS. Asy Syuura, 48)

Dan mereka menjadikan sebahagian dari hamba-hamba-Nya sebagai bahagian daripada-Nya. Sesungguhnya manusia itu benar-benar pengingkar yang nyata (terhadap rahmat Allah). 
(QS. Az Zukhruf, 15)
  • Manusia Merupakan Makhluk yang Tergesa-gesa
          Fakta ini terdapat di dalam ayat-ayat berikut berikut:

Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perIihatkan kepadamu tanda-tanda azab-Ku. Maka janganlah kamu minta kepada-Ku mendatangkannya dengan segera. 
(QS. Al Anbiyaa', 37)

Dan manusia mendoa untuk kejahatan sebagaimana ia mendoa untuk kebaikan. Dan adalah manusia bersifat tergesa-gesa. 
(QS. Al Israa', 11)

  • Manusia Merupakan Makhluk yang sukar Berterima kasih
          Fakta ini terdapat di dalam Alquran surah Al Israa' ayat 67, yang artinya sebagai berikut:

Dan apabila kamu ditimpa bahaya di lautan, niscaya hilanglah siapa yang kamu seru kecuali Dia, Maka tatkala Dia menyelamatkan kamu ke daratan, kamu berpaling. Dan manusia itu adalah selalu tidak berterima kasih. 
(QS. Al Israa', 67)
  • Manusia Merupakan Makhluk yang Selalu Berkeluh Kesah
          Fakta ini terdapat di dalam Alquran surah Al Ma´aarij ayat 70, yang artinya sebagai berikut:

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. 
(QS. Al Ma´aarij-70)
  • Manusia Merupakan Makhluk yang Kikir
          Fakta ini terdapat di dalam Alquran surah Al Ma´aarij ayat 70 seperti yang ditulis di atas, serta surah Al Israa' ayat 100, yang artinya sebagai berikut:

Katakanlah: "Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya." 
Dan adalah manusia itu sangat kikir. 
(QS. Al Israa', 100)
  • Manusia Merupakan Makhluk yang Zalim
         Fakta ini terdapat di dalam Alquran surah Ibrahim ayat 34, yang artinya sebagai berikut:

Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).
 (QS. Ibrahim, 34)


Maha benar Allah atas segala firman-Nya. Sesungguhnya kita manusia adalah tempat segala kekurangan, kelemahan, kesalahan dan kezaliman. Dengan demikian dapat dipastikan bahwa tidak ada satu manusia pun yang luput dari dosa. Untuk itu wahai sahabat dan saudara-saudaraku, hiasilah kehidupan dan setiap deru nafas dengan mengucap "Astagfirullah" semoga ampunan Allah selalu menyertai kita semua.